Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Biodata adalah dokumen lamaran kerja yang digunakan di India, Pakistan dan negara-negara Asia Selatan lainnya, baik sebagai pengganti atau sebagai pelengkap resume atau CV. Di sini kita akan membahas perbedaan di antara dokumen-dokumen ini, dan bagaimana menyiapkan biodata jika Anda membutuhkannya.

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Jika Anda bukan dari India atau negara tetangga, Anda mungkin belum pernah mendengar kata “biodata”. Tapi itu adalah dokumen yang umum digunakan di Asia Selatan untuk lamaran pekerjaan — dan bahkan untuk tujuan pernikahan, dalam hal ini juga dikenal sebagai “resume pernikahan.”

 

Apa yang dimaksud dengan ‘biodata’?

Singkatan dari “data biografi”, biodata kadang-kadang dikatakan tidak lebih dari istilah kuno untuk resume atau CV. Tetapi ada juga perbedaan utama, karena biodata biasanya memberikan lebih banyak informasi pribadi daripada yang biasanya ditemukan di resume/CV, termasuk usia, jenis kelamin, status perkawinan, dan detail pribadi lainnya.

 

Apa saja yang termasuk biodata?

Banyak kebingungan yang mungkin terjadi dalam mendefinisikan biodata dan apa yang harus dikandungnya, justru karena berbagai jenis biodata dan kegunaannya.

 

Buletin Pitch Lift

Setiap 2 minggu sekali, para ahli kami mengumpulkan kiat karier & resume terbaik yang dapat Anda baca dalam 15 menit atau kurang. Langsung ke kotak masuk Anda!

Email mu

Dengan mendaftar, Anda setuju dengan Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi kami.

Biodata untuk penggunaan pribadi

Di bawah ini adalah dua jenis biodata yang paling umum untuk penggunaan pribadi.

 

Biodata untuk pernikahan

Biodata pernikahan dapat menggambarkan sejumlah besar detail pribadi, seperti tinggi badan, berat badan, ras, dan kulit seseorang — yang semuanya tidak terpikirkan untuk dimasukkan dalam resume atau CV. Biodata pernikahan adalah jenis dokumen unik dalam hal ini, di mana kredensial profesional diganti dengan informasi individu yang berkaitan dengan tujuan pernikahan potensial.

 

Biodata untuk tujuan pernikahan biasanya mencakup informasi tentang orang tua dan saudara kandung, termasuk pekerjaan, pendidikan, dan tempat tinggal mereka, karena status keluarga dapat menjadi sangat penting dalam budaya Asia dalam menentukan apakah pria dan wanita cocok untuk menikah.

 

Bahkan, Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv apa saja yang mungkin membuat Anda penasaran dalam mencari pasangan hidup dapat menjadi relevan dalam biodata pernikahan: apakah Anda merokok atau minum, hobi dan minat Anda, apakah Anda seorang vegetarian, dan bahkan informasi horoskop. Tetapi sedikit atau tidak ada satupun dari ini yang termasuk dalam biodata yang dikirimkan untuk mencari pekerjaan.

 

Biodata medis

Jenis informasi lain yang terkadang diminta adalah biodata medis, yang mungkin mencakup golongan darah, genotipe, dan informasi apa pun tentang kecacatan, alergi, atau kondisi kesehatan seperti asma.

 

Biodata medis mungkin diperlukan oleh sekolah atau perusahaan untuk menilai kesehatan kandidat secara keseluruhan, atau untuk digunakan dalam keadaan darurat medis. Untuk alasan yang sama, “Kerabat terdekat/kontak darurat” dapat dimasukkan dalam biodata medis.

 

Tapi ini adalah jenis informasi lain yang tidak akan pernah disertakan pada resume atau CV biasa.

 

Kiat Ahli

Omong-omong, Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv jika Anda bertanya-tanya tentang perbedaan antara resume dan CV, kata-kata biasanya (tetapi tidak selalu) memiliki arti yang sama, meskipun kata “resume” digunakan di AS dan Kanada dan kata “CV ” (curriculum vitae) lebih umum di negara lain.

 

Jadi sementara Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv biodata medis (atau hanya biodata) mungkin merujuk ke dokumen serupa, itu adalah kata yang biasanya hanya Anda dengar di negara-negara Asia Selatan, termasuk India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, dan Afghanistan.

 

Biodata untuk pekerjaan

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Anda dapat dengan mudah mengambil resume Barat sebagai dasar yang kuat untuk biodata pekerjaan, tetapi perhatikan nuansa halus yang disebutkan di atas, serta detail regional apa pun yang mungkin relevan. Ingatlah untuk melakukan penelitian tentang posisi dan majikan sebelum menulis dokumen, seperti yang Anda lakukan untuk resume atau CV.

 

Kiat Ahli

Contoh daftar riwayat hidup pada Video YouTube ini, diproduksi oleh Pusat Bahasa dan Komunikasi, memberikan gambaran rinci tentang perbedaan antara resume, CV dan dokumen aplikasi biodata.

 

 

Apa yang harus disertakan dalam biodata kerja?

Seperti Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv atau CV, biodata untuk pekerjaan harus mencakup lima komponen dasar: info pribadi, ringkasan/profil (atau tujuan, tergantung pada status karier Anda), riwayat pekerjaan, kredensial pendidikan, dan keterampilan terkait pekerjaan. Jika Anda meninjau panduan terperinci resume.io tentang cara menulis resume , sebagian besar saran itu juga berlaku untuk biodata.

 

Selain info pribadi, Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv semua komponen biodata kerja ini hampir identik dengan resume atau CV. Satu pengecualian: riwayat pekerjaan dan pendidikan biasanya disajikan dalam urutan kronologis dalam biodata untuk pekerjaan, sedangkan urutan kronologis terbalik lebih disukai untuk resume dan CV.

 

Apa singkatan dari CV?

ARTIKEL TERKAIT

Apa singkatan dari CV?

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Curriculum vitae (CV) berarti “jalan hidup”, dan biasanya mengacu pada hal yang sama dengan resume – ringkasan singkat tentang pengalaman dan kualifikasi kandidat pekerjaan. Tetapi dalam beberapa kasus ini merujuk pada “CV akademik,” dokumen yang lebih panjang yang digunakan di dunia akademis untuk menyoroti pengalaman pendidikan. secara lebih rinci.

 

Info pribadi biodata

Ini adalah bagian yang sulit dalam membuat biodata Anda sendiri — seberapa banyak informasi pribadi yang Anda harapkan untuk disertakan.

 

Beberapa Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv perusahaan menawarkan formulir untuk diisi yang menentukan semua informasi yang mereka cari, menghilangkan tebakan untuk Anda tentang apa yang harus disertakan. Tetapi bagi mereka yang tidak, berikut adalah beberapa panduannya:

 

Seperti pada resume biasa, info biodata persona meliputi: nama, pekerjaan, alamat, nomor telepon dan email Anda. Semua ini biasanya akan muncul di header resume.

 

Bagaimana dengan tanggal lahir? Untuk Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv mencegah diskriminasi usia, ini biasanya tidak termasuk dalam resume Barat, tetapi tidak biasa dalam biodata, jadi sertakan ini jika Anda mau.

Jenis kelamin atau ras? Ini tidak disertakan pada resume biasa untuk alasan yang sama, untuk mencegah diskriminasi perekrutan, meskipun jenis kelamin Anda mungkin terlihat jelas dari nama Anda, dan jenis kelamin dan ras mungkin terlihat jelas jika Anda menyertakan foto. (Dalam hal ini, beberapa perusahaan melarang penggunaan foto dalam resume Barat.)

Kebangsaan? Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Ini mungkin relevan atau tidak, meskipun seseorang dari satu negara melamar pekerjaan di negara lain mungkin menghadapi masalah visa atau izin kerja.

Ini umumnya bukan bisnis majikan, meskipun jika Anda melamar pekerjaan dengan beberapa afiliasi mungkin lebih bijaksana untuk menyebutkan milik Anda.

Nama, pekerjaan, dan pendidikan orang tua pada umumnya tidak relevan bagi pemberi kerja. Begitu juga dengan status pernikahan Anda, tinggi badan, berat badan, dan warna kulit.

Hobi dan minat kadang-kadang disertakan bahkan di resume dan CV Barat, meskipun umumnya tidak disarankan kecuali jika ini ada kaitannya dengan keterampilan terkait pekerjaan Anda. Tapi ini dianggap benar-benar dapat diterima dalam biodata.

Ringkasan/profil/tujuan biodata

Dikenal secara bergantian sebagai ringkasan biodata, profil (atau tujuan resume jika Anda menghadapi perubahan karier), ini adalah paragraf teks di bawah tajuk yang menjelaskan pekerjaan dan spesialisasi profesional Anda. Ini mungkin secara khusus menyatakan tujuan pekerjaan Anda — jenis pekerjaan apa yang Anda cari — atau ini mungkin jelas jika semua pengalaman yang Anda sebutkan ada di bidang yang sama.

 

Ringkasan ini sering menghilangkan kata “saya” dan tidak harus ditulis dalam kalimat lengkap. (Misalnya: “Guru sekolah dasar dengan 12 tahun pengalaman mengajar kelas 1-3, sekarang mencari posisi yang menantang di sekolah swasta yang mengajar kelas 4-6.”)

 

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Ini adalah satu-satunya tempat di biodata Anda di mana Anda memiliki kebebasan untuk menggambarkan diri Anda dan kualifikasi profesional Anda dengan kata-kata Anda sendiri. Itu harus ditulis dengan serius untuk menampilkan diri Anda sebaik mungkin, idealnya membuat manajer perekrutan duduk dan perhatikan bahwa Anda terdengar seperti kandidat pekerjaan yang menjanjikan.

 

Riwayat pekerjaan biodata

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Selalu sertakan riwayat pekerjaan Anda di biodata, resume, atau CV — kecuali jika Anda tidak memilikinya karena Anda masih sekolah. Namun, dalam kasus seperti itu, Anda harus menyertakan magang atau pekerjaan sukarela yang telah Anda lakukan di bidang yang relevan dengan pekerjaan yang Anda cari.

 

Jika Anda memiliki riwayat pekerjaan yang panjang, Anda dapat memilih untuk meninggalkan beberapa pekerjaan yang tidak terkait dengan bidang tempat Anda mencari pekerjaan. Aturan praktisnya adalah untuk tidak melampaui 10 tahun terakhir pekerjaan dan lima hingga delapan pekerjaan sebelumnya (tergantung pada berapa lama deskripsi atau daftar pencapaian mereka).

 

Saat membuat daftar pekerjaan sebelumnya, sertakan di mana mereka berada dan berapa lama Anda bekerja di sana. Buat daftar poin-poin yang menjelaskan apa yang sebenarnya Anda lakukan di sana. Spesifik, gunakan fakta dan angka bila memungkinkan — angka penjualan, jumlah klien yang Anda tangani, persentase peningkatan pendapatan yang Anda hasilkan, dll.

 

Sebagaimana dicatat, agak lebih umum dalam biodata untuk membuat daftar pekerjaan dalam urutan kronologis (pekerjaan pertama terlebih dahulu), tetapi urutan kronologis terbalik (pekerjaan terakhir terlebih dahulu) sering juga dapat diterima seperti resume tradisional Barat.

 

Bagian pendidikan biodata

Cantumkan sekolah menengah Anda, perguruan tinggi atau universitas mana pun yang Anda ikuti di bagian pendidikan biodata Anda, tahun-tahun Anda belajar di sana, dan gelar apa pun yang diperoleh. Anda juga dapat menyoroti pencapaian khusus apa pun, seperti nilai rata-rata nilai tinggi atau penghargaan akademik yang Anda terima.

 

Jika Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Anda memiliki sertifikasi khusus di bidang Anda, Anda juga dapat mencantumkannya di sini. Dan lagi, lebih umum dalam biodata untuk membuat daftar sekolah sebelumnya dalam urutan kronologis.

 

Jika Anda memiliki gelar sarjana, terkadang dianggap tidak perlu memasukkan sekolah menengah Anda, meskipun tidak ada salahnya melakukannya.

 

Bagian keterampilan biodata

Seperti dalam resume atau CV, biodata umumnya berisi daftar pendek keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti aplikasi komputer yang Anda tahu cara menggunakannya atau bahasa yang Anda gunakan.

 

Bagian keterampilan sering kali mencakup campuran keterampilan lunak (“keterampilan orang” seperti kolaborasi dan komunikasi) dan keterampilan keras (“ahli programmer C/UNIX,” misalnya).

 

Lakukan yang terbaik untuk menghindari klise yang telah dilihat ribuan kali oleh perekrut sebelumnya, seperti “Self-starter” atau “Detail-oriented”. Cobalah untuk menggunakan keterampilan penyorotan bahasa asli yang dimiliki sebagian besar kandidat pekerjaan lainnya tidak akan ada dalam daftar mereka.

 

format biodata

Sebagian besar Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv aturan desain dan format yang berlaku untuk resume dan CV berlaku juga untuk format biodata. Dokumen satu halaman biasanya dianggap ideal bagi manajer perekrutan yang sibuk untuk memindai dengan cepat, meskipun bukan hal yang aneh untuk melihat biodata yang terdiri dari dua atau tiga halaman.

 

Semua format biodata harus dimulai dengan header yang dirancang menarik yang berisi nama kandidat dan info kontak. Info pribadi tambahan dapat ditampilkan di sepanjang satu sisi halaman.

 

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Cv Profil/ringkasan/tujuan kandidat pekerjaan harus berada di bawah header. Ini umumnya diikuti oleh pengalaman kerja, dan kemudian oleh pendidikan, meskipun jika seorang kandidat memiliki kredensial pendidikan yang mengesankan tetapi pengalaman kerja yang tipis, bagian pendidikan dapat didahulukan jika Anda ingin memformat biodata Anda lebih segar.

 

Bagian keterampilan sering kali berupa daftar peluru vertikal yang dapat ditampilkan di satu sisi halaman, mungkin di bawah informasi pribadi.