Sudah banyak yang membahas perbedaan antara proxy dan VPN. Hingga saat ini masih ada orang yang tidak mengerti apa itu proxy dan VPN. Terkait dengan keamanan akses Internet, kita juga harus memahami perbedaan antara kedua jenis tersebut. Pada postingan sebelumnya, saya sudah menuliskan bagaimana caranya agar Anda dapat melakukan berselancar tanpa hilang data dengan aman dan rahasia. 

Proxy

Proxy adalah sebuah server yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber daya dari server lain. Dengan kata lain, proxy memungkinkan akses ke sumber daya internet tanpa harus menggunakan IP alamat Anda saja. Aktivitas transaksi pada proxy tidak terdeteksi oleh pengguna link internet yang berada di dalamnya, melainkan hanya tampilannya saja. 

VPN

VPN secara umum adalah jaringan yang memerlukan banyak koneksi internet untuk menyediakan akses ke jaringan lokal. Jaringan VPN ini lebih baik daripada FTP dan HTTP karena mereka tidak menggunakan alamat IP dari pengguna, lokasi atau nomor telepon saat mereka menggunakannya.

Gunakan Proxy untuk Berselancar dengan Aman

Jika Anda membutuhkan koneksi yang lebih buruk daripada VPN, proxy adalah jawaban Anda. Namun, jika hanya ingin menjaga privasi atau melindungi data pribadi Anda, proxy tidak cocok.

Perbedaan Proxy dan VPN

Perbedaan proxy dan VPN, adalah sebuah perbedaan yang sangat penting bagi para pengguna internet. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang keberadaan dan fungsi dari kedua jenis layanan itu, maka anda bisa membaca artikel ini.

Proxy adalah alat yang digunakan untuk berselancar dengan aman di internet, sedangkan VPN adalah alat yang digunakan untuk mengaktifkan akses Internet yang terbatas. Pernyataan dari pernyataan tersebut tidak sesuai 100%, tetapi dapat diartikan sebagai suatu hal yang relatif tepat ketika mempelajari cara kerja kedua jenis layanan tersebut.

Kesimpulan 

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara proxy dan VPN. Dengan proxy, Anda hanya dapat mengakses internet di satu negara, termasuk ERP cloud. sedangkan dengan VPN Anda dapat memilih wilayah atau negara mana yang ingin Anda sambungkan. Juga, dengan server proxy alamat IP Anda tetap tersembunyi tetapi tidak dienkripsi. Layanan VPN mengenkripsi semua data yang dikirim melalui server mereka sehingga tidak ada yang dapat melihat jenis informasi apa yang masuk ke dalamnya.