Pernahkah Anda mendengar kata Syariah berkali-kali? Sistem ekonomi berbasis syariah saat ini diminati oleh banyak kalangan di Indonesia, termasuk sistem akuntansi syariah.

Bukan hanya sebagian besar masyarakat Indonesia yang muslim, tetapi ekonomi muslim juga penting karena sistemnya berbeda dengan kapitalisme, sosialisme, dan kesejahteraan.

Ekonomi syariah di Indonesia meliputi bank syariah, asuransi syariah, pembayaran syariah, bahkan akuntansi syariah. Konsultan Pajak

Pengertian Sistem Akuntansi Syariah

Menurut para ahli, pengertian syariah adalah sebagai berikut.

Napier

Syariah merupakan salah satu cabang akuntansi yang menekankan pada 2 (dua) hal yaitu akuntabilitas dan pelaporan.

Akuntabilitas tercermin dalam kombinasi semua kegiatan ekonomi yang sesuai dengan prinsip-prinsip muslim. Pelaporan bertanggung jawab kepada Tuhan dan umat manusia.

Dr. Umar Abdullah Zaid

Suatu kegiatan sistematis yang berkaitan dengan pendaftaran transaksi, tindakan dan keputusan sesuai dengan syariat dan pendaftaran jumlahnya dalam register distributor.

Oleh karena itu, ini terkait dengan pengukuran konsekuensi keuangan dari transaksi, tindakan, dan keputusan ini untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

Adnan M.Akhyar

Sistem akuntansi syariah adalah sistem akuntansi yang mengedepankan keadilan sosial dan ekonomi.

Sadarilah sepenuhnya tanggung jawab Anda kepada Tuhan, individu, dan masyarakat dalam kegiatan ekonomi seperti akuntan, manajer, auditor, tuan tanah, dan pemerintah.

Sofyan S. Harahap

Akuntansi syariah adalah penggunaan matematika untuk menegakkan Syariah.

Ada dua akun Syariah, akuntansi Syariah, pada zaman ketika orang-orang menggunakan sistem nilai-nilai syariah, terutama pada masa Nabi, Hulasirasid, dan negara-negara muslim lainnya.

Kedua, sistem akuntansi syariah yang saat ini digunakan di era kegiatan ekonomi dan sosial dikuasai oleh sistem nilai kapitalis yang berbeda dengan sistem nilai syariah.

Kelebihan Sistem Akuntansi Syariah

Sistem bagi hasil

Akuntansi syariah tidak memiliki sistem suku bunga, tetapi setiap orang yang terlibat menggunakan sistem pembagian risiko.

Keuntungan terlihat jelas melalui penggunaan sistem bagi hasil, dan sistem bagi hasil telah diatur sesuai dengan kesepakatan pada pendahuluan.

Misalnya ada dua pihak, pihak pertama bertindak sebagai pemilik modal, dan pihak kedua bertindak sebagai pengelola modal. Kedua belah pihak mengetahui terlebih dahulu bagaimana keuntungan yang akan diperoleh dan pembagiannya sesuai kesepakatan.

Menggunakan prinsip jual beli murabahah dalam sistem akuntansi syariah

Akuntansi syariah dalam transaksi jual beli harus sesuai dengan ketentuan syariah. Misalnya transaksi antara bank dengan nasabah yang ingin mengajukan kredit.

Menurut prinsip murabahah, nasabah dan bank akan bekerja berdasarkan kesepakatan awal antara kedua belah pihak.

Menerapkan prinsip ini berarti kedua belah pihak harus mendiskusikan berapa banyak bunga yang dibayarkan dan diterima oleh masing-masing pihak, berapa pun tingkat bunganya.

Terhindar dari riba

Riba adalah keputusan tingkat bunga dalam sistem akuntansi syariah berdasarkan persentase tertentu dari pembayaran kembali.

Seringkali persentase yang ditentukan mungkin lebih tinggi dari harga barang yang diperdagangkan.

Dalam akuntansi syariah, penyajian laporan tidak hanya menggunakan konsep nilai moneter dan dirancang untuk lebih memvisualisasikan dan memenuhi kebutuhan investor.

Akuntansi syariah menunjukkan bahwa perdagangan dapat mencakup nilai dan aturan moral.

Memiliki unsur tenggang rasa

Syariat tidak hanya tentang akuntansi, tetapi juga tentang zakat.

Teori dalam akuntansi tidak hanya mengendalikan dan memperhitungkan kebutuhan bisnis, tetapi juga memperhitungkan kebutuhan tubuh toleransi dari semua pihak.

Dasar hukum dari Tuhan

Menggunakan sistem akuntansi syariah, dasar hukum yang digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Pasokan dan dasar hukumnya bukan dari manusia tetapi dari Tuhan.

Ketentuan tersebut tidak dapat diragukan lagi dan tidak akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Menerapkan akuntansi syariah berarti perusahaan lebih bertanggung jawab secara sosial dan memiliki etika bisnis yang lebih baik.

Itulah beberapa pengertian dan manfaat dari sistem akuntansi syariah. Dengan menerapkan pendekatan ini, perusahaan Anda tidak hanya dapat berkembang dengan baik, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan masyarakat.

Demikian pengertian akuntansi syariah beserta fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Kami berharap informasi di atas bermanfaat. https://proconsult.id/