Di dunia sekarang ini, banyak orang beralih ke internet untuk mencari informasi tentang subjek apa pun yang mungkin dipikirkan seseorang. Salah satu subjek yang semakin populer adalah mencari lirik musik lengkap untuk semua dan genre lagu apa pun. Ini cukup sederhana untuk dicapai dengan pencarian sederhana di Google, tetapi beberapa orang khawatir bahwa dalam waktu dekat, ini mungkin atau mungkin tidak berubah.

Yahoo baru-baru ini mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari lirik musik dari situs mereka. Yahoo telah memperoleh lisensi untuk banyak artis dari berbagai label rekaman. Sebagai imbalan atas penggunaan lirik musik yang diizinkan, Yahoo memberikan sebagian dari semua pendapatan iklan yang diperoleh dari situs tersebut kepada artis dan label rekaman.

Beberapa pemilik situs web lirik musik lain khawatir bahwa sistem baru Yahoo akan mengambil sebagian besar lalu lintas situs mereka. Salah satu situs web yang saya hubungi bahkan menyarankan bahwa mereka harus mengambil pendekatan tambahan, seperti menawarkan sistem lirik berbasis seluler baru untuk pengguna ponsel, sebagai tanggapan atas hilangnya pendapatan iklan lirik lagu karena sistem lirik musik baru Yahoo. Selain itu, beberapa situs web lirik dilarang memposting lirik ke artis atau band tertentu karena masalah hak cipta. Sistem Yahoo adalah upaya untuk mengatasi masalah ini dan menawarkan lirik musik untuk setiap lagu yang ingin dicari pengguna.

Meskipun pendekatan Yahoo adalah solusi yang elegan, masih ada beberapa kelemahan pada sistem lirik musik mereka. Bagian dari kesepakatan yang disepakati oleh Yahoo dan berbagai label rekaman mencakup persyaratan untuk semua lirik dalam format gambar versus teks murni. Ini terutama untuk mencegah pengguna menyalin dan menempelkan teks lirik dan untuk mencegah robot online merayapi halaman web mereka dengan tujuan tunggal untuk mencuri teks lirik. Ini juga memiliki kelemahan, seperti yang disebutkan di atas. Karena lirik dalam format gambar, mesin pencari tidak akan dapat melihat teks dalam lirik, dan pencarian di mana pengguna memasukkan sebuah ayat dari lagu favorit mereka tidak akan mengembalikan hasil dari sistem Yahoo.

Pencarian lirik musik Yahoo juga menderita karena fakta bahwa pengguna internet “biasa” tidak mengetahuinya. Dengan Google menjadi raja mesin pencari saat ini, sebagian besar pengguna internet tidak tahu bahwa Yahoo menawarkan sistem seperti itu. Pengguna ini akan terus mencari lirik musik seperti biasanya, melalui pencarian Google biasa. Ini, ditambah dengan fakta bahwa 90% dari lalu lintas mesin pencari berasal dari Google, berarti bahwa meskipun sistem Yahoo adalah pendekatan yang bagus, banyak situs lirik musik online tidak akan begitu terpukul seperti yang diperkirakan beberapa orang setelah pengumuman Yahoo. Satu hal yang pasti: kecuali Yahoo mengambil alih sebagai raja mesin pencari, sebagian besar pengguna akan terus menemukan lirik musik online dengan cara yang sama seperti yang mereka gunakan di masa lalu, melalui Google.