Toyota All New Veloz tampil semakin atraktif dengan model terbarunya. Kehadiran dari model terbaru ini sekaligus menjadi penanda bahwa All New Toyota Veloz bukan lagi menjadi bagian dari Avanza. Berikut spesifikasi, kelebihan, dan harga veloz.

Spesifikasi dan Kelebihan Veloz Terbaru

Toyota All New Veloz sudah resmi dirilis bersamaan dengan perilisan All New Avanza pada akhir tahun 2021 lalu. Sebelumnya, Toyota Veloz merupakan versi mewah dari Toyota Avanza. Namun, saat ini Toyota Veloz hadir dengan namanya sendiri, baik tampilan maupun fitur yang dimiliki juga berbeda dari Toyota Avanza.

Spesifikasi Toyota All New Veloz

Hadir sebagai mobil MPV dengan tampilan yang mewah dan beragam fitur, Toyota Veloz ini menyajikan berbagai pembaruan. Salah satunya adalah ukurannya yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Berikut ini adalah spesifikasi dari Toyota Veloz:

  • Ukuran panjang dari Toyota Veloz ini sendiri adalah sekitar 4.475 mm, dengan lebar 1.750 mm dan tinggi yang mencapai 1.700 mm serta jarak wheelbase 2.750.
  • Pada jarak pijak bagian depan berukuran 1.505 mm dan bagian belakangnya adalah 1.500 mm.
  • Jarak dari high ground clearance bisa mencapai 205 mm.
  • Untuk menunjang performanya, mesin yang digunakan pada Toyota Veloz ini adalah mesin 4 cylinder in-line, 16 valve DOHC with dual VVT-i.
  • Bore dan strokenya mencapai 72,5 mm x 90.6 dengan isi silinder mencapai 1,496 cc.
  • Mesin ini bisa menghasilkan daya maksimal sebesar 106/6.000 PS/rpm dan bisa menghasilkan torsi sebesar 14/4.200.
  • Untuk sistem bahan bakar yang digunakan adalah electronic fuel injection yang bisa menampung kurang lebih 43 liter bahan bakar.

Kelebihan All New Toyota Veloz

Sebagai model baru, maka sangat wajib bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dari All New Toyota Veloz ini. Tujuannya adalah agar semakin yakin untuk membelinya nanti. Jadi, kelebihan ini setidaknya akan memberikan gambaran, apakah Toyota Veloz ini termasuk low MPV yang bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari atau tidak.

1.    Desain Ala SUV

Perlu Anda ketahui, bahwa Toyota Veloz ini masih mengisi segmen low MPV. Veloz tampil dengan lebih kokoh dan terkesan menjadi sangat mirip dengan SUV. Eksteriornya serba baru, berkat kehadiran dari lampu depan LED sequential Turnlamp, grille depan honeycomb, dan Fog Lamp.

2.    Interior Premium

Jika dibandingkan dengan Avanza, kabin dari All New Veloz ini tampak lebih premium. Hal ini diperkuat lagi dengan hadirnya New Integrated 9 inch head unit yang disematkan pada All New Veloz ini.

Advanced smartphone connectivity yang ada pada head unit dan New Rear-Seat Entertainment juga tersedia, sehingga penumpang bisa menikmati perjalanannya berkat adanya fitur hiburan yang sangat lengkap ini.

Selain itu, All New Veloz ini juga dilengkapi dengan Wireless charger pada bagian konsol tengah sebagai fitur premium dan New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan saja.

Tidak hanya itu, ada juga New Push Start Button yang akan memberikan sentuhan unik saat menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif bisa mendinginkan suhu kabin.

3.    Handling Baik

Pengembangan suspensi baru dari Veloz ini dilakukan oleh Toyota dengan cara mengoptimalkan geometri suspensi bagian depan dan belakang, serta karakteristik spring rate dan dampernya. Dengan begitu, maka All New Veloz ini pun bisa memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan kenyamanan berkendara dengan dimensi bodi yang lebar.

Hal ini dibuktikan dengan adanya suspensi yang lebih empuh, bahkan jika dibandingkan dengan Avanza. Selain itu, Veloz juga menggunakan ban khusus yang dikembangkan bersama GT radial, sehingga transaksi dan grip menjadi lebih baik.

4.    Fitur Toyota Safety Sense

Fitur Toyota Safety Sense yang ada pada Veloz ini tentunya menjadi kelebihan yang tidak bisa dikesampingkan. TSS pada All New Veloz ini terdiri dari 4 fitur keselematan.

  • Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain.
  • Pedal Missoperation Control yang akan mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas.
  • Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention akan membantu Anda mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan.
  • Front Departure Alert yang akan memberikan peringatan yang bisa didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Dan inilah spesifikasi dan kelebihan dari Veloz yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini semakin menguatkan keputusan Anda untuk membeli atau tidak.