tanda kanker lidah

Penyakit kanker lidah merupakan jenis kanker mulut dan tenggorokan yang terbentuk di batang lidah. Acapkali penderitanya akan kesulitan untuk membedakan tanda kanker lidah dengan sariawan dan keluhan radang mulut biasa. Dan mengutip dari deherba, berikut adalah gambaran lebih mendalam seperti apa sebenarnya ciri ciri dari penyakit kanker lidah.

Apa Sebenarnya penyakit kanker lidah

Kanker lidah sebenarnya bukan jenis kanker yang lazim, ini termasuk jenis kanker langka. Biasanya jenis kanker ini terjadi pada mereka yang kerap mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol. Karena kedua asupan ini dapat menyebabkan efek kerusakan sel pada lidah yang berketerusan.

Pada temuan terbatas, kanker lidah juga berasosiasi dengan kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan asin yang tajam. Seperti kebiasaan mengonsumi permen atau snack krispi seperti keripik dan criping. Selain kadar gula dan garam berlebihan, biasanya jenis makanan ini juga mengandung unsur karsinogen. Dalam jumlah kecil hampir tidak ada efek berarti, namun ketika berlebihan efek karsinogen ini bisa menyebabkan terbentuknya kanker lidah.

Kanker lidah juga dapat dikaitkan dengan infeksi HPV. Virus ini dapat masuk ke mulut dari seks oral dan kemudian menyebabkan infeksi pada lidah untuk kemudian berkembang menjadi kanker.

Pahami Tanda Kanker Lidah

Prognosis kanker lidah tergolong tinggi, pada stadium awal prognosis berkisar 80 – 95%. Dan karenanya penting untuk mengenali tanda kanker lidah sedini mungkin untuk efektivitas pengobatan lebih optimal. Adapun sejumlah ciri ciri dari kanker lidah tersebut adalah.

Lesi pada lidah

Lesi adalah luka yang terinfeksi, dan ini secara kasat mata akan mirip dengan sariawan. Meski tanda kanker lidah ini mudah dilihat, tetapi acapkali sulit dibedakan dari sariawan biasa. Namun, lesi ini biasanya memiliki bentuk yang lebih intens.

Ditandai dengan bentuk luka yang tampak lebih dalam. Kadang disertai dengan beberapa bentolan kecil yang bertumpuk. Kadang disertai dengan luka yang terbuka, terus berdarah dan kadang disertai lubang. Bila Anda mendapati sariawan yang tidak membaik dalam 10 hari setelah diobati dan justru terasa semakin buruk sebaiknya segera periksakan diri.

Lidah kerap berdarah

Anda memang tidak menemukan lesi pada lidah. Tetapi entah mengapa Anda kerap merasa lidah Anda menjadi lebih sensitif, kerap merasa perih dan kemerahan tanpa alasan. Disertai pula dengan darah yang mudah sekali keluar dari lidah.

Meski berdarah pada mulut kadang lazim terjadi dan cenderung tidak berbahaya. Tetapi bisa jadi ini adalah efek pembentukan sel kanker pada lidah yang merusak pipa kapiler pembuluh darah pada lidah. Tetap waspada bila keluhan ini terjadi terus menerus.

 

Terbentuk benjolan

Tanda kanker lidah lain yang juga perlu diwaspadai adalah munculnya benjolan atau pembengkakan di lidah. Biasanya berawal dari benjol kecil seperti jerawat yang terus berkembang dan terasa nyeri.

Namun kadang muncul seperti terbentuk jerawat atau bisul pada lidah. Dengan pembengkakan pada batang lidah yang cukup besar. Apapun bentuknya benjolan pada lidah sebaiknya tetap diwaspadai.

Rasa tidak nyaman di lidah

karena terbentuknya lesi, iritasi, peradangan atau benjolan pada lidah. Anda mungkin akan merasakan lidah yang tidak nyaman,  baik saat makan atau bicara. Muncul rasa gatal atau nyeri yang datang pergi.

kadang lidah terasa lebih kasar, bersisik atau malah lebih licin. Pada beberapa orang lidah juga terasa kaku seperti ada otot lidah yang tidak lagi bekerja maksimal karena efek kerusakan dari agresi sel kanker.

Warna lidah berubah

Lidah sehat akan berwarna merah mudah cerah. Tetapi lidah yang tidak sehat akan tampak pucat, seperti berlapis putih, bersisik. Atau malah tampak tidak rata dan merona merah. Meski tidak selalu setiap perubahan warna pada lidah adalah tanda kanker lidah, sebaiknya Anda tetap waspada.

Kehilangan indera perasa

Lidah memiliki jonjot jonjot yang berfungsi sebagai perasa. Namun perkembangan kanker mungkin menyebabkan sel sel ini terganggu dan tidak berfungsi. Sehingga penderita akan sulit merasakan makanan dengan optimal. Bila Anda menemukan lidah Anda kebas dan tidak dapat merasa, bisa jadi ini adalah tanda kanker lidah.