tanda awal hamil

Gejala kehamilan berbeda dari wanita ke wanita dan kehamilan ke kehamilan; Namun, salah satu tanda kehamilan yang paling signifikan adalah terlambatnya haid. Baca juga: FIRST SIGNS OF PREGNANCY. Cara paling pasti untuk mengetahui Anda hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan.

Apa Tanda Awal Kehamilan yang Paling Umum?

    Periode yang terlewat. Jika Anda berada di tahun-tahun subur Anda dan satu minggu atau lebih telah berlalu tanpa dimulainya siklus menstruasi yang diharapkan, Anda mungkin hamil. Namun, gejala ini bisa menyesatkan jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.
    Payudara yang lembut dan bengkak. Perubahan hormonal di awal kehamilan mungkin membuat payudara Anda sensitif dan nyeri. Ketidaknyamanan kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.
    Mual dengan atau tanpa muntah. Morning sickness, yang dapat menyerang kapan saja, siang atau malam, seringkali dimulai satu bulan setelah Anda hamil. Namun, beberapa wanita merasakan mual lebih awal dan beberapa tidak pernah mengalaminya. Sementara penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, hormon kehamilan kemungkinan berperan.
    Peningkatan buang air kecil. Anda mungkin mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal Anda memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih Anda.
    Kelelahan. Kelelahan juga menempati peringkat tinggi di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melonjak – yang mungkin membuat Anda merasa mengantuk.

Kapan Gejala Kehamilan Mulai?

Anda mungkin mengalami gejala kehamilan dalam waktu seminggu setelah pembuahan. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka tidak mengalami gejala apapun selama beberapa minggu. Klik di sini jika Anda memerlukan tes atau USG gratis.
Tanda dan gejala kehamilan lainnya selama trimester pertama mungkin termasuk:

    Perubahan suasana hati. Ibu hamil sering mengalami perubahan suasana hati. Hal ini terutama disebabkan oleh perubahan hormonal yang mempengaruhi neurotransmiter otak. Beberapa mungkin mengalami pasang surut yang tinggi, dan yang lain bergantian antara keadaan bahagia dan depresi atau kecemasan. Perubahan suasana hati adalah hal yang normal; tetapi, jika Anda berjuang dengan depresi atau kesedihan yang berkepanjangan, silakan hubungi penyedia layanan kesehatan Anda. Beberapa wanita lebih suka pergi langsung ke konselor atau profesional kesehatan mental.
    Sakit punggung. Sakit punggung bawah sering terjadi. Ini dapat terjadi dengan awal kehamilan, tetapi biasanya dialami kemudian saat kehamilan berlanjut, sekitar minggu kehamilan 27 hingga minggu 34.
    Sakit kepala. Para ahli percaya bahwa kenaikan hormon dan/atau aliran darah secara tiba-tiba dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kepala. Ada sekitar 50% peningkatan volume darah yang mengalir selama kehamilan Anda.
    Mengidam makanan atau keengganan makanan. Makanan yang diinginkan atau dihindari oleh wanita hamil bervariasi dan cukup sporadis. Tidak apa-apa untuk membiarkan diri Anda kebebasan untuk mengejar keinginan itu dan menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan selama Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kehamilan yang sehat. Mengidam atau keengganan ini dapat terjadi di awal kehamilan atau kapan saja selama kehamilan Anda.
    Penggelapan Areola. Wajar jika areola, area di sekitar puting susu Anda akan menjadi gelap.
    kembung. Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung, mirip dengan yang mungkin Anda rasakan pada awal periode menstruasi.
    Bercak cahaya. Terkadang sedikit bercak ringan adalah salah satu tanda pertama kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim – sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar waktu periode menstruasi. Namun, tidak semua wanita memilikinya.

Apa Lagi Mungkin?

Menstruasi yang terlewat atau tertunda, tanda pertama kehamilan yang paling sering dilaporkan, dapat disebabkan oleh:

    Menunda menstruasi
    Kenaikan atau penurunan berat badan yang berlebihan
    Kelelahan atau kelelahan
    Regimen latihan baru
    Ketidakseimbangan hormon
    Ketegangan atau stres
    Perubahan penggunaan alat kontrasepsi
    Berbagai penyakit
    Menyusui

Mual atau mual di pagi hari, gejala kehamilan kedua yang paling sering dikutip, dapat dijelaskan oleh:

    Keracunan makanan
    Ketegangan atau stres
    Kecemasan
    Perubahan dalam pengendalian kelahiran hormonal
    Penyakit perut lainnya

Payudara yang lembut atau berubah, gejala kehamilan ketiga yang paling terkenal, mungkin dipicu oleh:

    Ketidakseimbangan hormon
    Perubahan dalam pengendalian kelahiran hormonal
    Menstruasi yang akan datang