main image

Memiliki dress pesta rupanya harus diimbangi pula dengan cara merawatnya agar dress tetap bersih dan rapi. Berikut beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan menyimpan dress pesta  agar bisa tetap indah saat dikenakan di acara pesta.

  1. Tidak perlu terlalu sering dicuci

Dress pesta sebenarnya tidak perlu terlalu sering dicuci sebab proses pencucian dress yang terlalu sering justru bisa merusaknya. Cuci dress secara sering bisa memudarkan warna dress dan juga merusak serat kain yang dijadikan bahan pembuat dress.

Oleh karena itu Anda bisa mencuci dress sesekali saja agar warnanya tidak cepat pudar dan kualitasnya tetap terjaga.

  1. Cuci dengan menggunakan tangan

Sebaiknya dress untuk pesta dicuci bukan dengan menggunakan mesin cuci melainkan dengan metode manual yaitu dicuci dengan menggunakan tangan. Sebab mesin cuci bisa saja merusak dress atau gaun tersebut.

Mencuci dress juga sebaiknya didahului dengan membersihakn bagian yang terkena noda terlebih dahulu secara lembut dan perlahan.

  1. Mengeringkannya di tempat yang datar

Setelah mencuci dress pesta atau gaun pesta jangan lupa untuk segera mengeringkannya di tempat terbuka. Proses pengeringan baju sebaiknya tidak dilakukan dengan cara digantung sebab hal ini bisa saja merusak dress.

Namun pengeringan dress bisa dilakukan dengan cara meletakkan dress di atas meja yang sudah diberi alas berupa handuk kering. Dress juga sebaiknya dikeringkan yang tidak terpapar matahari secara langsung.

  1. Tidak perlu disetrika

Jika dress sudah kering setelah dikeringkan di tempat terbuka sebaiknya segera simpan dress tersebut. Dress yang sudah kering tidak perlu disetrika lagi karena proses setrika bisa saja merusak dress misalnya karena suhu setrika terlalu tinggi dan panas.

  1. Simpan di tempat yang kering

Penyimpanan dress harus dilakukan di tempat yang kering agar dress tidak menjadi lembap dan berjamur atau sejenisnya. Sebaiknya penyimpanan dress dilakukan misalnya di lemari khusus baju dengan cara digantung pada hanger yang cenderung kuat.

Cara memasukkan hanger pada dasarnya juga perlu diperhatikan setidaknya jangan sampai hanger membuat dress menjadi melar sehingga tidak lagi tampak bagus.

  1. Berikan kapur barus pada tempat penyimpanannya

Lemari baju tempat penyimpanan dress pesta sudah seharusnya selalu dalam keadaan kering dan tidak terasa lembap. Selain itu pastikan lemari baju tempat penyimpanan dress Anda terhindar dari berbagai macam hewan yang dapat merusak pakaian.

Untuk menghindarkan dari berbagai amcam parasit sebaiknya berikan kapur barus di tempat penyimpanan dress.

  1. Gunakan cover baju

Menyimpan dress pesta di lemari baju atau di tempat aman yang kering sebaiknya didahului dengan memasukkan dress pada cover pakaian. Jadi masukkan dress pada pelindung atau cover dress lalu gantunglah di lemari pakaian Anda.

Cover pakaian akan melindungi dress pesta dari suhu atau kelembapan udara yang mungkin saja bisa berubah-ubah. Selain itu dress juga akan terlindungi dari berbagai macam parasit yang berbahaya.

  1. Keluarkan dan anginkan sesekali

Untuk menjaga kebersihan dress pesta maka tidak ada salahnya bila Anda sesekali mengeluarkan dress tersebut. Keluarkan dress untuk diangin-anginkan walaupun hal ini hanya dilakukan sesekali saja.

Nantinya dress akan terhindar dari suhu yang lembap dan bau tidak enak,

Menyimpan dan merawat dress pesta dengan tepat akan membuatnya menjadi selalu bersih dan indah. Sehingga dress pesta akan siap digunakan kapan saja sekalipun di acara pesta dadakan.