Satu Viral – Trends e-commerce

Pasar e-commerce di Indonesia pendapatan ecommerce di Indonesia menurut CAGR 2021-2025 meningkat 10.21% setiap tahunnya maka dari itu kita harus memanfaatkannya. Lalu ada tren belanja ecommers Indonesia 61% udah mulai membeli barang barang seperti pakaian, baju, sepatu, dan aksesoris secara online pada tahun 2020. Selain harganya murah, pengirimannya mudah, belanja nya gampang, buat kita manja ingin belanja online saja daripada offline. Dan selain itu 53 % pembeli online mengkatakan mereka akan membeli online lagi apalagi saat pasca pandemi ini.

Dijelaskan pada webinar gapura digital bahwa e-commerce adalah aktivitas membeli atau menjual produk atau layanan online melalui internet. Ada 2 platform yaitu web dan aplikasi, situs web kita kan fokus  pada apa pembangun situs web yang dapat saya pakai ? lalu apa struktur situs web e-commerce yang baik?, lalu apa prakter terbaik untuk situs web e-commerce?. E-commerce juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya di jabarkan sebagai berikut :

a.     Kemudahan, e-commerce lebih simple dan lebih cepat

b.     Pengalaman pelanggan yang personal, mungkin pelanggan untuk membuat profil pengguna

c.     Biaya lebih rendah, modal dan biaya pengoperasian yang rendah

d.     Jangkauan global, tidak ada batasan geografis atau fisik.

 

Dari e-commerce ini ad aberbagai tingkat, dijabarkan sebagai berikut :

a.     Situs web simple, dengan menawarkan cara bagi pelanggan untuk mentransfer uang ke bisnis anda melalui web, kita dapat menambahkan layanan pembayran seperti transfer bank online, dompet digital, atau kartu kredit/debit. Sperti contohnya google sites, OVO, Gopay, LinkAja!

b.     Siap pakai, jika memulai dari awal dapat mencoba layanan siap pakai yang menyerahkan e-commerce seperti wordpress atau squarespace dengan fitur menerima pembayran dna menawarkan template sehingga dapat menambahkan halaman prooduk ke situs web.

c.     Pembangun toko, jika menginginkan pilihan yang lebih canggih dapat memilih layanan e-commerce kustom seperti Sgopify, SoStore, dan BigCommerce dengan fitur lanjutan yaitu pencarian prudku, manajemen inventaris, chekout, dan akun pelanggan.