Sepanjang sekian tahun ini, reputasi handphone gaming semakin meningkat di kelompok umum. Umumnya ada sebuah ketidaksamaan besar di antara sebuah handphone gaming dengan handphone flagship, walau harga yang dijajakan berada di range harga yang serupa.Beberapa lalu, ASUS barusan umumkan kedatangan ROG Phone 5, yang disebut handphone gaming terkini mereka. Lewat handphone ini, mereka ingin memberi sebuah handphone gaming dengan penampilan dan cita-rasa handphone flagship.

Review ASUS ROG Phone 5 ,Handphone Gaming Terbaik

Untuk pembahasan ini kali, kami akan mengawali dari design. Menurut kami, design dari ROG Phone 5 memperoleh up-grade yang lumayan baik bila dibanding dengan ROG Phone 3. Bentuknya masih dikuasai dengan design handphone gaming, tetapi kelihatan lebih menawan.

Design housing tiga camera belakang di ROG Phone 5 mempunyai ketidaksamaan yang lumayan besar dari perintisnya. Tetapi, secara dimensi, handphone ini tetap sama. Begitupun dengan peletakan port I/O. Tetapi karena housing cameranya berlainan, sehingga kita tidak bisa memakai casing ROG Phone 3 di piranti ini.Ada dua hal yang benar-benar mengundang perhatian kami dari handphone gaming ini. Yang pertama ialah peralihan design LED pada bagian belakang. Mereka memakai simbol ROG dengan dialek Dot Matrix, bukan flat seperti pada ROG Phone 3.

Sinar LED yang diperlihatkan juga cukup jelas. Kalian dapat atur penerangan dari LED ini memakai program Armoury Crate. Kalian bisa mengostumisasi keseluruhan penerangan dari LED ini.Hal ke-2 yang mengundang perhatian kami ialah SIM Tray. Berwarna merah menonjol dan benar-benar mengundang perhatian. Jujur, kami benar-benar menyenangi peralihan radikal ini yang membuat ROG Phone 5 berlainan dari lainnya.Sementara untuk I/O, pada bagian bawah ada sebuah jack audio 3,5mm combo dan USB Tipe-C. Pada bagian kiri ada slots SIM Tray dan sebuah slots proprietary yang mempunyai USB Tipe-C dan port untuk menyambungkan ke peripheral tambahan. Dan pada bagian kanan ada tombol volume, power, dan air pemicu.Ada satu perihal yang membuat kami cukup sedih. ASUS nampaknya tidak mau mengganti design air pemicu di ROG Phone 5. Memang sich, pengalaman pemakaian kami baik sekali saat memakai feature itu.

Tetapi, ingat feature ini telah berada di piranti ROG dalam waktu lama, peralihan design kemungkinan biasa dilaksanakan. Karena, ada kompetitor mereka yang membuat pengembangan dengan membuat pop-up shoulder button yang semakin nyaman untuk didesak.Dan berpindah ke sisi depan, tidak ada peralihan memiliki arti yang diusung oleh ASUS. Camera depannya masih tetap ada pada bagian bar hitam, tidak di bawah monitor seperti handphone kekinian yang lain.

Ukuran bar hitam yang ada pada bagian depan juga berasa lebih kecil dibanding perintisnya. Menurut kami, kehadiran bar hitam ini tidak jadi masalah dan tidak mengusik saat pemakaian, baik saat dipakai untuk aktivitas setiap hari atau ketika bermain game.Bar hitam ini sembunyikan speaker. Seperti perintisnya, ROG Phone 5 datang dengan 2 camera yang menghadap langsung ke pemakainya.

Monitor nyaman untuk gaming dan multimedia

Masih seperti perintisnya, ROG Phone 5 memakai monitor 6,6 inch dengan panel AMOLED dengan support HDR10+ dengan kecemerlangan monitor sampai 1200 nits. ASUS memberi resolusi 1080 x 2448p di piranti ini.Karena handphone gaming, ada banyak feature favorit yang ditawari oleh ASUS. Yang pertama kehadiran touch sample rate 300 Hz dengan touch latensi 24,3 ms, di mana di-claim sebagai yang terendah untuk sekarang ini.Refresh rate yang dijajakan juga telah 144Hz, walau sekarang ini cuman beberapa game mobile yang telah memberikan dukungan feature refresh rate tinggi. Disamping itu, ada pula feature response time monitor sejumlah 1ms saja.Kami juga telah coba mainkan banyak game memakai handphone ini. Tetapi, sejumlah fitur ini baru berasa saat kita bermain game dengan babak cepat, seperti game fps dan moba. Selainnya memerlukan refresh rate tinggi, gamer memerlukan tanggapan monitor yang cepat agar bisa melampaui rivalnya.Dan karena telah memberikan dukungan HDR10+, kami berasa benar-benar nyaman saat melihat film di program streaming. Masalahnya, telah banyak content yang memberikan dukungan HDR di sejumlah program streaming terkenal seperti Netflix atau Disney+ Holstar.Disebelah audio, sama seperti yang telah kami sebutkan pada awal, ROG Phone 5 mempunyai dua speaker yang menghadap langsung ke pemakai. Speaker yang berada di handphone ini 35% semakin besar dan 21% lebih keras dari perintisnya.Pengalaman dengarkan yang kami rasakan juga baik sekali. Suaranya keras walau cuman disetel di 80%, dan tidak memunculkan distorsi saat dipaksakan keluarkan suara 100%. Bass-nya cukup berasa dan spacing suaranya lumayan baik.Speaker ini lumayan baik mensimulasikan darimanakah sumber suara tiba dari sebuah game atau film. Speaker ini benar-benar nyaman dipakai untuk melihat film atau dengar musik, tetapi untuk bermain game, kami anjurkan untuk memakai earphone.Untuk feature audio, di ROG Phone 5 telah memberikan dukungan Hi-Res Audio dan Qualcomm aptX Adaptif. Ada feature DAC yang hendak mengangkat kualitas dengarkan saat memakai jack audio 3,5mm.

 

Jasa Pembuatan Website

Jasa Buat Website