Membangun usaha di masa kini ternyata lebih diminati sebab banyaknya orang yang berharap untuk memperoleh untung sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Tidak hanya sekedar keinginan saja, membangun usaha tentu membutuhkan perencanaan seperti tujuan dan estimasi modal. Misalnya membangun usaha minimarket modal 19 juta akan memerlukan persiapan apa saja dan targetnya berapa lama.

Semakin rincinya perencanaan terkait usaha, maka akan semakin baik juga untuk mencari jalan keluar ketika akan menjumpai masalah. Selain itu, hal ini akan membantu ketika usaha mulai mengalami penurunan keuntungan atau bahkan rugi yang pastinya ada dalam merintis usaha. Nah di bawah ini akan ada penjelasan rencana membangun usaha minimarket modal 19 juta antara lain:

1. Mengumpulkan Modal Awal

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun usaha minimarket adalah mengumpulkan modal, setidaknya 19 juta sebagai rencana yang baik. Pasalnya modal memang tidak dapat dikumpulkan dalam waktu singkat, namun dapat dimulai untuk dicicil mulai dari sekarang. Sebenarnya ada alternatif cara untuk mengumpulkan modal ini yaitu menggunakan pin jaman, baik on line atau melalui bank.

Akan tetapi perlu diingat bahwa melakukan pin jaman berarti harus mempersiapkan untuk mengembalikannya dan ditambah persentase bunga. Hal ini berarti bahwa ketika meminjam harus mempersiapkan konsekuensi yang ada, termasuk ketika toko sedang mengalami kerugian. Metode lain yang dapat digunakan jika tidak ingin meminjam adalah melakukan gadai atau menjual barang berharga.

2. Menentukan Lokasi yang Strategis

Kemudian beralih ke langkah membangun usaha minimarket modal 19 juta berikutnya yaitu menentukan lokasi yang mudah diakses dan memiliki kualitas jalan yang baik. Bahkan minimarket yang dibuat di desa mungkin saja memiliki banyak pelanggan jika lokasinya mudah diakses. Selain itu pertimbangkan juga tingkat kepadatan rumah penduduk, fasilitas umum, atau warung lainnya.

3. Memberi Nama Pada Minimarket

Berikutnya adalah memberikan merk untuk memudahkan ketika diingat dan akan dikunjungi oleh pelanggan baru atau lama. Ketika memberikan nama, pertimbangkan beberapa hal seperti mudah disebut dan menggunakan kalimat atau kata yang singkat. Selain itu, akan lebih baik jika memiliki desain nama minimarket yang menarik hati namun tetap sederhana.

4. Menentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Perencanaan dalam membangun usaha minimarket modal 19 juta adalah dengan menentukan produk apa yang akan dijual. Sebenarnya hal ini mengacu pada konsep yang diinginkan untuk menjual produk, termasuk penataan barang. Beberapa pilihan minimarket umumnya menjual bahan makanan pokok namun ada juga yang menjual barang lain seperti peralatan mandi atau alat tulis.

Ketika menentukan produk yang akan dijual, tentu harus mempertimbangkan modal yang dimiliki apakah cukup untuk pembelian pertama. Jika telah mendapatkan keuntungan dari penjualan, pengusaha bisa memperluas jangkauan penjualan di minimarket. Misalnya penjualan perabotan rumah tangga atau alat-alat kecantikan untuk menambah daya tarik bagi pelanggan.

5. Melakukan Promosi Untuk Menarik Pelanggan

Terakhir langkah yang perlu dilakukan ketika sudah melewati seluruh langkah sebelumnya adalah melakukan promosi. Biasanya bentuk promosi dilakukan dalam bentuk buy one free one atau lainnya, itu dapat juga dilakukan. Metode promosi lainnya dapat juga menciptakan sistem poin yang dikumpulkan untuk ditukarkan menjadi potongan harga.

Itulah beberapa langkah membangun usaha minimarket modal 19 juta yang diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi para calon pengusaha. Jangan lupa untuk memastikan tempat atau lokasi yang sesuai karena minimarket sangat dipengaruhi oleh mampu tidaknya menarik pelanggan. Selain itu, minimarket dapat dikembangkan menjadi cabang-cabang baru atau menambah penjualan produk jika sudah stabil.

Mau tau info menarik lainnya? Cek selengkapnya disini