Kategori Warna Dalam Desainer Grafis Yang Wajib Kamu Tahu! – Halo desainers! Sudah tau belum nih apa aja kategori warna yang sering digunakan dalam berbagai jenis desain? Banyak sekali warna yang digunakan dalam desainer grafis. Tapi tahukah Kamu kalau dalam berbagai jenis warna ada sifatnya?

Yups, kali ini kita akan membahas tentang sifat sifat warna didalam dunia desain. Memang banyak sekali jenis warna yang pernah digunakan dan telah ada, tetapi ada 3 sifat secara garis besar dalam penggunannya dan fungsinya. Warna sangat mencerminkan dari pesan dan kesan sebuah desain yang dibuat.

Sifat Warna Dalam Desainer Grafis

1. Warm Colors

Sifat warna dalam desainer grafis yang pertama adalah warm colors. Warm color ini sering kali digunakan untuk menyampaikan kesan hangat dan menyala pada desain. Warm colors juga telah banyak digunakan di berbagai desain. Secara garis besar, warm colors termasuk dalam keluarga Red seperti (Merah, Orange, dan juga kuning). Warna inilah yang biasanya memberikan kesan mencolok dan menyala.

Sifat Warna Dalam Desainer Grafis Yang Wajib Kamu Tahu!

Jangan ragu menggunakan warm colors untuk menyampaikan pesan semangat, motivasi, dan berbagai desain yang menggugah lainnya menggunakan warm colors. Kamu bisa banget memakai warm colors untuk mendesain poster pada peringatan hari pahlawan, dan lainnya untuk memberikan kesan semangat dan bergairah pada pembaca.

2. Cool Colors

Sifat warna dalam desainer grafis yang kedua adalah cool colors. Berbeda dengan warm colors, cool colors adalah kebalikan dari warm colors. Cools colors ini telah banyak digunakan diberbagai desain yang sudah ada. Para desainer biasa menggunakan cool colors untuk memberikan kesan dingin didalamnya.

Sifat Warna Dalam Desainer Grafis Yang Wajib Kamu Tahu!

Bukan hanya itu saja, desainer yang menggunakan cool colors juga biasanya ingin memberikan kesan tenang pada desain yang dibuat. Tampilan dari Cool Colors ini mencerminkan sifat yang sunyi, tenang dan lembut yang artinya cocok untuk mendesain berbagai jenis desain. Ituah mengapa, cool colors seringkali digunakan untuk menyampaikan pesan pada desain agar lebih bisa diterima audience dengan baik.

3. Neutral Colors

Sifat warna dalam desainer grafis yang ketiga adalah neutral colors. Neutral colors merupakan warna yang tidak memihak pada warm colors dan cool colors. Nah, biasanya warna pada neutral colors ini berupa warna yang klasik seperti hitam dan putih. Warna pada neutral colors diyakini mampu beradaptasi dengan berbagai jenis warna lainnya.

Neutral colors juga sering digunakan dalam memberikan kesan natural didalam sebuah desain. Neutral colors cocok digunakan dalam berbagi desain yang ingin menyampaikan sebuah pesan secara simpel dan rapih tanpa banyak basa basi. Seperti desain typography, desain wuotes, dan lainnya.

Nah mungkin itu sedikit gambaran mengenai Sifat Warna Dalam Desainer Grafis yang mungkin bisa sedikit memberikan gambaran kepada Kamu. Semoga membantu!

Share jika bermanfaat!