Penyebab hipertensi harus bisa diketahui lebih jelas lagi supaya bisa meminimalisir terjadinya serangan penyakit tersebut.

Hipertensi bisa juga dikatakan dengan tekanan darah tinggi yang mana darah secara parah terjadi tekanan yang sangat meningkat yang merupakan suatu kondisi medis dan hal ini bisa tejadi dalam kurun waktu yang tidak singkat. Darah tinggi tersebut bisa terjadi apabila seseorang ketika istirahat tekanan darahnya mencapai lebih dari 140/90 mmHg. Parahnya lagi berbagai penyakit lain akan muncul seperti gagal jantung kronis, aneurisma arterial, gagal jantung, serangan jantung dan juga salah satu factor serangan struk yang mana apabila sebelumnya menderita tekanan darah tinggi.

Ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyebab hipertensi bisa dikatakan secara pelan-pelan maupun secara kilat. Nah, dibawah ini akan disebutkan beberapa penjelasan mengenai penyebab hipertensi untuk anda simak.

1. Penyebab hipertensi karena kelainan pada ginjal

Penyebab hipertensi bisa karena di dalam arteri ginjal aliran darahnya meningkat dengan sangat terhambat, produksi angiotensin dan aldosteronnya yang berlebih serta ginjal yang sebelumnya berfungsi dengan baik terjadi penurunan massa.

Pada bagian tubuh yang lainnya terjadi peredaran sisa metabolisme yang harusnya terbuang sehingga fungsi kerja dalam penyaringan darah terjadi penurunan pada ginjal. Dalam hal ini terjadi peningkatan pada volume darah yang juga terjadi peningkatan pada darah yang dikeluarkan oleh jantung. Dalam hal ini sfringter prekapiler akan terjadi pengerutan karena melalui kapiler jaringan terjadi peredaran darah. Akan terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi karena mengkerutnya pembuluh darah tepi karena peningkatan yang terjadi hambatan dan volume darah total yang keluar dari jantung meningkat.

2. Penyebab hipertensi karena terlalu banyak minum alcohol

Saraf pusat maupun saraf tepi bisa rusak dengan mengkonsumsi alcohol. Hal ini akan berpengaruh pada pengaturan tekanan darah yang mengalami masalah apabila terjadi masalah pada saraf simpatisnya. Dalam hal ini tingginya darah dengan sangat mudah sangat berpengaruh apabila seseorang terlalu banyak dalam mengkonsumsi alcohol dan secara rutin. Tak hanya itu saja keasaman darah juga akan meningkat karena alcohol. Dalam hal ini akan terjadi pengentalan pada darah. Supaya kebutuhan tercukupi yang mana dilakukan oleh darah untuk sampai ke jaringan maka darah akan dipompa lebih kuat lagi apabila darah mengental. Sudah dapat dipastikan darah akan terjadi peningkatan tekanan.

3. Penyebab hipertensi karena merokok

Untuk tubuh ada berbagai zat kimia berbahaya yang terdapat di dalam rokok yakni gas karbon monoksida, nikotin dan tar.

Jantung akan dipaksa untuk memompa darah lebih keras lagi apabila darah yang mengental lebih meningkat lagi karena bahan dari tar tersebut. Zat catecholamine dari tubuh akan dapat dipacu untuk keluar oleh nikotin, hormone tersebut seperti hormone adrenalin. Tekanan darah akan mampu meningkat sebanyak 10 hingga 20 skala dan kerja jantung untuk berdetak sebanyak 10 hingga 20 kali permenitnya dan hal ini dipacu oleh hormone adrenalin tersebut. Oleh karena itu bisa dipastikan bahwa jantung akan cenderung lebih lelah dan terjadi peningkatan volume darah karena kondisi tersebut.

4. Penyebab hipertensi karena makan yang berlebihan

Sebanyak maximal 150 mg/dl merupakan jumlah dari kandungan lemak total yang dibutuhkan oleh tubuh, sebanyak 130 mg/dl merupakan jumlah dari kandungan lemak yang jahat (LDL) dan di sisi lain sebanyak maksimal 45 mg / dl merupakan jumlah lemak yang baik. Organ di dalam tubuh bisa rusak karena lemak jahat, namun di sisi lain tubuh juga memerlukan lemak yang baik.

Dalam hal ini obesitas atau sering disebut dengan kegemukan sering dikaitkan dengan berlebihnya dalam makan. Terlebih lagi bagi mereka yang kurang dalam berolahraga dan dalam melakukan kegiatan sehari-hari sangat malas. Nah, pada sepanjang pembuluh darah lemak akan tertimbun apabila makanan yang dikonsumsi didalamnya terkandung lemak yang jahat. Oleh karena itu terjadilah aliran darah yang tidak lancaar sebagai akibat dari pembuluh darah yang menyempit.

5. Penyebab hipertensi karena stress dan tekanan mental

Hormone adrenalin akan dirangsang untuk keluar dan hal ini merupakan tugas dari saraf impatis. Dalam hal ini kapiler darah tepi akan menyempit karena denyut jantung berdetak lebih cepat sebagai akibat dari hormone tersebut. Nah, tekanan darah sudah bisa dipastikan akan meningkat karena kondisi tersebut. Saraf simpatis akan bekerja lebih keras lagi bagi mereka yang mentalnya tertekan dan merasakan stress. Oleh karena itu dalam hal ini tekanan darah akan meningkat dan jantung akan berdebar apabila merasakan tertekan dan stress. Bagi mereka yang dalam fikirannya tegang dan stress secara terus-terusan akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

6. Penyebab hipertensi karena usia yang semakin tua

Darah dan zat kapur dalam peredarannya akan bersama-sama apabila terjadi masalah pada pengaturan metabolisme zat kapur (kalsium) jika usia seseorang bertambah tua. Dalam hal ini akan terjadi peningkatan tekanan darah karena padatnya darah sebagai akibat dari kalsium di dalam darah (hypercalcidemia) yang terlalu banyak. Pembuluh darah akan menyempit karena kalsium pada dinding pembuluh darah yang mengendap. Dalam hal ini tekanan darah akan terpacu untuk lebih meningkat lagi karena kondisi tersebut. Tak hanya itu saja dalam hal ini juga akan terjadi pengurangan elastisitas arteri seiring dengan usia yang bertambah. Akan terjadi volume darah yang tidak lancar dan sedikit mengalir karena kaku dan lenturnya arteri tersebut sehingga hal ini sebagai salah satu penyebab hipertensi.